Friday, July 16, 2010

Rear Wheels Steering Style


Gaya Rear Wheels Steering ini sebetulnya merupaan gaya menikung ala Super Moto, dimana ban belakang sliding dan maju kedepan. Gaya menikung ala dirt tracker ini sebetulnya khusus untuk tikungan sempit dan tajam seperti tikungan L atau U kecil. Dengan gaya ini, tracker bisa lebih cepat masuk tikungan setelah ngebut dari trek pendek.

Asalnya dari Jeep-jeep Off Road yang All Wheel Drive. Untuk belok kiri, kita puter setir ke kanan sambil injek rem, sehingga ban belakng terdorong kedepan. kalo di Super Moto kayak gini.





Nah, kalo di MotoGP, sebetulnya setang gak berfungsi untuk nikung karena design bodi yang ber-fairing akan membahayakan ridernya. Selain itu juga, gaya Rear Wheels Steering ini akan menghabiskan kompon ban. Super Moto itu berlomba di dua jenis lintasan, yaitu tanah dan Aspal. Jenis ban yang dipakaipun khusus.

Selain Mike Doohan, Kenny Robert Jr juga mahir karena awalnya dia adalah pembalap Dirt Track. Tapi yang paling master adalah Kevin Swancht. Ada juga VAelntino Rossi yang aksi Rear Wheel Steeringnya bikin Sete kehilangan podium di seri pertama 2005 Jerez dikandang Sete sendiri tepat di dua tikungan akhir.

No comments:

Post a Comment